Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Angga Nugraha, Sosialisasikan Bantuan Program Indonesia Pintar

WARTAPARLEMEN.COM: CIAMIS - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),  Angga Nugraha, sosialisasikan  program bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Rabu (30/08) bertempat di SMK Al-Ikhsan Pamarican. Menurut Angga, program ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu tahun.

“Lebih baik terima bantuan dengan nominal kecil, tapi 2 kali dalam 1 tahun, dari pada mendapat bantuan besar tapi hanya 5 tahun sekali,” kata Angga

Lanjut Angga, bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) ini disalurkan ke sekolah-sekolah negeri, mulai dari SD, SMP dan SMA. Seperti halnya hari ini diwilayah Kecamatan Pamarican, kami mengundang sekitar 20 sekolah, yang ada diwilayah ini.

“Program ini di perjuangankan dan direkomendasikan oleh Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP, yaitu Ibu Puti Guntur Soekarno, yang mendapat kuota sekitar 11.000 siswa untuk wilayah Propinsi Jawa Barat,” ujar Angga. Kedepan, harap Angga, masyarakat dapat mendukungnya, sehingga kedepan bisa terus memperjuangkan program berikutnya.

Angga, menjelaskan proses pencairan dana PIP bisa secara kolektif atau secara perorangan dengan melengkapi persyaratan administrasi diantaranya, data siswa dan surat keterangan dari sekolah bersangkutan sedangkan untuk  pencairan biasanya dilakukan di Bank BRI wilayah setempat. Besaran bantuan untuk siswa kelas satu sebesar Rp. 225.000,-, sedangkan untuk  kelas diatasnya biasanya bantuan yang diterima sebesar Rp. 450.000,-.

Sementara itu, salah seorang guru SD Negeri 1 Pamarican, Asep Suhikmat, S.Pd., menyambut  baik Program PIP ini, pihaknya rencananya akan mengusulkan seluruh siswa yang ada di SD Negeri 1 Pamarican, untuk mendapat bantuan dari program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Program Indonesia Pintar (PIP) tersebut.

Asep, menambahkan dirinya secara pribadi dan atas nama Sekolah, sangat berterimakasih, kepada Bapak Angga, bersama timnya, yang telah dan akan berusaha mengusulkan siswanya sekitar 277 siswa untuk mendapat bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), dan mudah-mudahan dapat segera terealisasikan. Tandasnya (Baehaki Efendi).