Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah: Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (SN Dikdasmen) harus Mampu Hasilkan Lulusan yang Baik

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Ketua Tim Kunjungan Spesifik Panja Pendidikan Dasar dan Menengah Komisi X DPR RI ke Provinsi Papua Ferdiansyah mengatakan bahwa Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (SN Dikdasmen) harus mampu menghasilkan lulusan yang baik dan mampu menghadapi tantangan dan tuntutan perubahan kehidupan lokal.
 
"Tujuan Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah dimaksudkan agar setiap satuan pendidikan di Indonesia mampu menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan dan tuntutan perubahan," ucap Ferdi di Sentani, Papua, Selasa (06/3/2018).
 
Pada kesempatan tersebut, Tim Kunspek Panja Dikdasmen Komisi X DPR juga melakukan peninjauan langsung  kegiatan belajar dan mengajar di SMKN 1 Sentani, Provinsi Papua. “Kondisi sarana dan prasarana SMKN 1 Sentani sangat memprihatinkan,” ujar Ferdi usai meninjau kondisi fisik SMKN 1 Sentani.
 
Ferdi menyampaikan, tujuan kedatangan anggota Komisi X DPR ke Provinsi Papua adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai capaian standar kompetensi lulusan, standar sarana dan prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan serta standar pengelolaan pendidikan dasar dan menengah.
 
“Dari kunjungan ini kami menyimpulkan bahwa pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) menghadapi tantangan dan tuntutan perubahan kehidupan lokal, sehingga harus mampu berdaya saing dengan negara lainnya," ungkap ferdy.
 
Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Sentani Uloh Saefullah  berharap dengan kunjungan Komisi X DPR itu dapat membawa perubahan. Menurutnya, saat ini mereka masih kekurangan tenaga guru bidang studi produktif. "Memang secara kuantitas sudah terpenuhi tetapi secara kualitasnya masih sangat kurang. Sarana dan prasarana sekolah juga masih sangat jauh," kata Uloh. (hr/dep)

Sumber: dpr.go.id

Index Berita