Bawaslu Pasaman Sosialisasi Pemilih Pemula di Sekolah MAN Lubuk Sikaping

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN -- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman, menggelar sosialisasi pengawasan terhadap pemilih pemula (Milenial) untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 17 April 2019 mendatang di sekolah MAN Lubuksikaping. Kamis (17/01/2019).

Selain jumlahnya yang cukup besar, mayoritas masih awam dalam pemahaman kepemiluan terkhusus dalam penggunaan hak pilih mereka yang di jamin oleh konstitusi yang menjadi perhatian khusus bagi Bawaslu Pasaman.

Oleh karena itu Bawaslu turun melakukan sosialisasi sebagai salah satu basis pemilih milenialnya untuk memberi petunjuk dan pemahaman kepemiluan dan penggunaan hak pilih pada pemilu mendatang.

Dihadapan ratusan siswa-siswi, Rini Juita memaparkan materi memperkenalkan kelembagaan Bawaslu, tugas dan fungsi pengawasan pemilu dan strategi pengawasan dengan Pemilih Milenial.

“Jumlah pemilih pemula yang cukup besar dapat menentukan lahirnya pemimpin yang berkualitas”, ungkap Ketua Rini Juita, MA

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita, MA menuturkan pemilih pemula ini diharapkan dapat menggunakan hak politiknya dengan benar. Minimal mereka paham bahwa pemilu adalah momentum strategis pergantian kekuasaan.

“Yang terpenting dalam kaitan pengawasan pemilu, pemilih pemula ini bisa bersinergi dengan Bawaslu dalam hal pengawasan. Misal soal money politik, black campaign dan pelanggaran lainnya,” kata Rini, kepada Indonesiasatu.co.id.

Melihat hal ini maka pihaknya mengajak semua stakeholder yang ada khususnya pemilik kepentingan dalam pemilu untuk bersama-sama melakukan pendidikan politik ke masyarakat khususnya kepada pemilih pemula agar mereka paham pemilu dan politik sehingga dapat melahirkan pemilih yang berkualitas.

(Anto)

  • Whatsapp

Index Berita