Ecky Awal Mucharam Inginkan Tol Binjai-Medan-Kualanamu-Lubuk Pakam Dimanfaatkan Developer BUMN Bangun Sentra Industri dan Perumahan

indonesiasatu, 24 Sep 2017, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Anggota Komisi XI Ecky Awal Mucharam menginginkan dengan adanya pembangunan ruas jalan tol Binjai – Medan – Kualanamu – Lubuk Pakam, dapat dimanfaatkan developer Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membangun dan mengembangkan sentra-sentra industri dan perumahan.
 
“Yang perlu dipikirkan adalah pengembangan lahan-lahan yang ada di sekitar tol. Jangan hanya, akses tol ini justru dimanfaatkan oleh pihak lain atau developer lain. Dalan hal ini seharusnya developer dari BUMN bisa masuk kedalamnya, sehingga ada sentra-sentra industri dan sentra-sentra pemukiman yang juga keuntungannya dinikmati BUMN,” katanya saat Komisi XI memantau  dan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan ruas jalan tol Binjai – Medan – Kualanamu – Lubuk Pakam di Provinsi Sumatera Utara, Selasa (19/9/2017)..
 
Patut diketahui, pembangunan ini yang menggunakan pengelolaan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan kepada beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan lembaga yang di bawah naungan Kementerian Keuangan RI.
 
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan Kontektasi Komisi XI melakukan peninjauan dan pengawasan ini adalah terkait pendanaannya. Dimana sebagian besar pendanaan adalah merupakan loan (pinjaman) dan penjaminan dari PT. SMI dan beberapa loan lainnya kepada BUMN.
 
“Kita memastikan pembangunan infrastruktur yang diambil alih oleh pemerintah berjalan atau tidak berjalan,” ujarnya.
 
Menurut Ecky, manfaat dari kebijakan ini, tentunya  memiliki referage pada pembangunan publik, hanya saja yang perlu dipikirkan adalah pengembalian modalnya yang akan dapat terselesaikan dalam jangka waktu yang sangat panjang, yaitu 40 tahun.
 
“Secara keseluruhan, kualitas pembangunan fisiknya bagus dan mudah-mudahan bisa on time, walaupun utangnya yang membayar anak cucu kita selama 40 tahun,” tandasnya.    (as)

Sumber: dpr.go.id

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu