FEB UI Selenggarakan Konferensi Akuntansi Internasional

WARTAKAMPUS.COM: JAKARTA - Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Indonesia (UI) akan menyelenggarakan International Accounting Conference (IAC) di Yogyakarta, 27-29 Agustus mendatang. Konferensi internasional ini diselenggarakan untuk memfasilitasi presentasi dan pembahasan penelitian, kajian ilmiah terkini di bidang akuntansi dan keuangan.

Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia secara aktif terlibat dalam pengembangan atmosfir penelitian di Indonesia, dan merupakan salah satu pemimpin dalam kegiatan penelitian.

Sesuai dengan visi untuk diakui secara internasional sebagai program akuntansi yang memiliki reputasi baik, Departemen Akuntansi berusaha untuk memperluas cakupan geografis kegiatan tersebut dengan bekerja sama dengan berbagai institusi internasional.

Selama ini Departemen Akuntansi telah menyelenggarakan lima International Accounting Conference dari tahun 2007 hingga 2014 lalu. Departemen Akuntansi juga berhasil menyelenggarakan the Asian-Pacific Conference (APC) dan the Asian Academic Accounting Association (AAAA) Annual Conference.

Departemen AkuntansiFEB UI juga telah bertindak selakuco-hosting dengan Bank Indonesia dalam menyelenggarakan International Accounting Conference tahun ini dan juga disponsori oleh berbagai sponsor dari industri dan profesi.

International Accounting Conference tahun ini adalah yang ke-6 diselenggarakan oleh Departemen Akuntansi. Tema untuk International Accounting Conference ke-6 adalah The Growth Game Changer: Digital Economy, Financial Inclusion, and Accounting Roles.

"Dengan tema tersebut, konferensi ini diharapkan dapat membuka wawasan profesi akuntan untuk bisa beradaptasi dengan perubahan perkembangan situasi ekonomi saat ini," kata Ketua Departemen Akuntansi FEB UI, Ancella Hermawan, dalam siaran pers, Kamis (24/8/2017).

Selain itu kata Ancella, dalam konferensi ini akan dihadiri pembicara dan presenter makalah dari berbagai negara lain. Tentunya akan bisa meningkatkan reputasi Indonesia dan FEB UI pada khususnya di mata dunia akademisi internasional.

Kemudian, paper yang dipresentasikan dalam konferensi ini akan dipublikasikan dalam jurnal bereputasi internasional yang akan mendukung Visi dan Misi UI dan FEB UI sebagai World Class University dalam meningkatkan publikasi dan rangking internasional.

"Konferensi ini akan dibuka dengan keynote speech dari Deputi Gubernur Senior Bank Sentral Indonesia Mirza Adityaswara," ucap Ancella.

Sementara itu Pembicara terkemuka lain yang akan berbicara di konferensi ini adalah Eni V Panggabean (Kepala Sistem Kebijakan dan Pengawasan Pembayaran, Bank Sentral Indonesia), Grace Retnowati (MicroSave Indonesia), Prof Dr John Hutagaol (Direktur Perpajakan Internasional, Direktorat Jenderal Pajak).

Kemudian Prof Richard Petty (Board Member, International Federation of Accountants), Henny Purnamawati (Partner, Leader of Southeast Asia Private Capital Practice, Egon Zehnder).

Turut menjadi pembicara yaitu Prof Sidharta Utama, PhD (Universitas Indonesia), Prof Normah Omar, PhD (Universiti Teknologi MARA), Prof HironoriFukukawa, PhD (Hitotsubashi University), Neneng Goenadi (Country Manager Director, Accenture Indonesia), Erik Koenen (Deloitte Consulting Director, Deloitte Indonesia), Isnaeni Achdiat (Partner, Ernst & Young Indonesia).

Para pembicara ini akan menyumbangkan pemikiran mereka di sesi panel. Selain sesi utama dan panel, sekitar 200 makalah dari beberapa negara akan dipresentasikan dalam sesi bersamaan dalam berbagai tema yaitu akuntansi manajemen, perpajakan, audit, tata kelola perusahaan, dan lain-lain.
(maf)

SUMBER:SINDONEWS.COM