Implementasikan Nilai Kandungan Al-Qur'an dalam Kehidupan Duniawi

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Gubernur Provinsi Sumatera Barat diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Ir. Beny Warlis MM, membuka secara resmi MTQ ke 46 Tingkat Kabupaten Pasaman di Kecamatan Dua Koto. Senin (05/11/2018).

Turut hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sabar AS, Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, Ketua DPRD Pasaman Yasri, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin, S.Ag, Dandim 0305/Pasaman, Kepala Kejaksaan, Kepala Pengadilan, serta seluruh kepala OPD yang ada di Kabupaten Pasaman, Anggota DPRD dapil Duo Koto, Walinagari Se-kabupaten Pasaman, Ninik Mamak Dua Koto, Bundo Kandung, serta ribuan masyarakat Dua Koto ikut memeriahkan pembukaan ini.

Beny Warlis, mengatakan terselenggaranya MTQ ini dapat meningkatkan kwalitas hidup masyarakat dengan upaya mengimplementasikan nilai nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur'an kedalam kehidupan duniawi.

"Semoga momentum ini dapat dimaknai sebagian dari proses pencerdasan kehidupan beragama dalam kehidupan kita," sembari menggajak seruluh yang hadir membacakan Al-Fatiha sebagai tanda dibukanya MTQ ini.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, MTQ ke 46 ini sudah melalui persiapan yang matang oleh panitia. "Serta proses pendaftaran peserta melalui aplikasi elektronik MTQ, jadi data dari peserta tidak bisa di palsukan," kata Bupati.

Pemda Pasaman sudah mempersiapkan hadiah untuk Kecamatan yang juara, juara umum I akan mendapatkan 1 ekor sapi seharga 20 Juta, untuk juara 2 satu ekor sapi seharga 18 juta dan juara 3 satu ekor sapi seharga 15 Juta. "Sementara untuk kecamatan yang prestasinya paling rendah akan diberikan satu ekor kambing," sebut Bupati . 

Dalam kesempatan itu, Bupati langsung melantik 137 anggota dewan hakim dan panitera musabaqah tilawatil qur'an Nasional ke 46 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2018

Sementara Camat Dua Koto, Ramsul Iklas dalam laporanya mengatakan, jumlah Khafilah sebanyak 548 peserta, Oficial 360 orang, panitia pelaksana 175 orang, dewan hakim dan panitra 146 orang, tim kerja 65 orang. 

"Sementara pembiayaan MTQ ini bersumber dari DPA bagian kesra setda kabupaten Pasaman, ditambah sumbangan dari ASN dan pihak ketiga yang tidak mengikat, "kata Ramsul Iklas.

Adapun tempat dan lokasi MTQ ini tersebar di wilayah nagari yang ada di kecamatan Dua koto, tutup Ramsul.(Anto).

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita