Ketua Baznas Pasaman: Bupati Yusuf Lubis Meminjam Rp.50 Juta Atas Nama Pribadi

syafrianto, 09 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN - Ada-ada saja ulah Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal. Lantaran informasi 'bagalau' yang dilontarkannya saat didesak anggota DPRD Pasaman mengenai 'sengkarut' penyaluran dana zakat Baznas Pasaman, Syafrizal tega menyebut nama Bupati H.Yusuf Lubis ikut memakai dana zakat tersebut.

"Iya, Bupati Yusuf Lubis meminjam ke Baznas Rp. 50 juta atas nama pribadi," sebut Syafrizal di hadapan pimpinan dan anggota DPRD Pasaman, saat hearing di Gedung DPRD Pasaman, Senin (6/1).

Hal tersebut langsung mendapat reaksi dari Edi Erman, SAg (mantan Kabag Kesra) dan Drs. Mulyatmin, MM (mantan Kaban Keuangan Daerah). 

Menurut dua pejabat Pemkab Pasaman tersebut, informasi dari ketua Baznas Pasaman itu, sama sekali tidak benar. 

"Kejadiannya di bulan ramadhan tahun 2017 lalu, dan saya Kabag Kesra waktu itu. Dana Rp.50 juta yang disebut Buya Syafrizal Itu adalah dana Baznas yang disalurkan ke panitia pembangunan masjid dalam kunjungan Tim Ramadhan Pemkab Pasaman," ungkap Edi, yang kini menjabat sekretaris Dinas Sosial. 

Diceritakan Edi Erman, tim ramadhan Pemkab Pasaman tahun 2017 dibagi atas beberapa tim. Sementara Tim I dipimpin Bupati dan Tim II wakil bupati. 

"Malah dana bantuan ke pengurus/panitia pembangunan masjid itu diserahkan lansung oleh Buya Syafrizal melalui Tim I dan sama sekali tidak melalui Bupati Yusuf Lubis. Malah bupati sendiri tidak tahu menahu soal sumber dana tersebut," ujar Edi Erman yang mengaku awalnya juga tidak tahu dari mana sumber dana tersebut.

Drs.Mulyatmin menambahkan, penyaluran dana Baznas dalam Tim Ramadan Pemkab Pasaman tahun 2017 sudah berdasarkan hasil rapat antara Dinas Keuangan dengan Ketua Baznas, sejumlah Rp. 50 juta. 

Dana tersebut dibagi untuk dua tim. Tim I Rp.25 juta dipegang dan diserahkan lansung Buya Syafrizal. Sedangkan untuk Tim II dijemput ke Baznas oleh Buya Afdhal, Kasubag Bagian Kesra.

"Tim I yang dipimpin Bupati Pasaman, menyerahkan masing-masing Rp 5 juta ke lima masjid yang diterima pengurusnya. Dan lima masjid lainnya diserahkan wabup melalui Tim II," beber Mulyatmin. 

Dan Mulyatmin memastikan, dana baznas Rp.50 juta yang dituduhkan sebagai pinjaman Bupati Pasaman Yusuf Lubis, sama sekali bohong dan tidak benar. 

Editor: Anto

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu