Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon: Kebutuhan Riset Harus Didukung Agar Para Peneliti Bisa Hasilkan Temuan-temuan yang Bermanfaat bagi Kemajuan Indonesia

WARTAPARLEMEN.COM: JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menegaskan, kebutuhan riset harus didukung agar ke depannya para peneliti bisa menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.
 
Hal ini disampaikannya kepada awak media usai  menerima  Forum Nasional Profesor Riset di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2018).
 
Menurut Fadli, kebutuhan riset di Indonesia kurang mendapatkan perhatian berbeda jauh dari negara maju yang mendukung setiap kegiatan para penelitinya dalam menciptakan suatu inovasi.
 
Anggaran bagi para peneliti di Indonesia, sambung politisi Gerindra ini, masih sangat kecil berbeda jauh dari negara maju yang memiliki anggaran di bidang riset yang sangat tinggi. Ia menginfokan, banyak para peneliti yang kurang mendapatkan perhatian.
 
“Para peneliti itu adalah National Treasure atau bagian dari sebuah bangsa dan negara karena mereka bisa menghasilkan suatu inovasi teknologi serta temuan-temuan yang bisa mengangkat nama bangsa dan juga bermanfaat bagi masyarakat baik di bidang pangan, industri dan juga kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya.
 
Untuk itu, perlu adanya pembentukan suatu dewan riset yang dapat mengkoordinasikan semua kegiatan penelitian, usulnya.  “Pembentukan dewan riset itu perlu sehingga para peneliti bisa mendapatkan perhatian yang lebih dalam menciptakan suatu inovasi,” papar legislator dapil Jawa Barat itu. (tn/sc)
Sumber: dpr.go.id

Berita Terkait

Berita Terbaru

Index Berita