Komisi V DPR RI Sepakati Usulan Presiden Tentang Perubahan UU Jalan

Komisi V DPR RI Sepakati Usulan Presiden Tentang Perubahan UU Jalan
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus

JAKARTA - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyatakan Komisi V DPR RI menyepakati usulan Presiden RI Joko Widodo terhadap pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang Perubahan Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Lasarus menjelaskan, selanjutnya pembicaraan tingkat I akan dilakukan dalam rapat kerja, rapat panitia kerja, rapat tim perumus atau tim kecil dan atau rapat tim sinkronisasi.

Demikian dipaparkan Lasarus saat memimpin Raker Komisi V dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kementerian Perhubungan, Kemendes-PDTT, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian ATR/BPN, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (24/5/2021). Adapun, pembahasan rapat antara lain tentang penetapan mekanisme dan jadwal pembahasan RUU Tentang Perubahan Atas UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

“Pembahasan RUU tentang perubahan atas UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dilakukan dalam dua tingkat pembicaraan yaitu tingkat I dalam rapat Komisi V DPR RI bersama dengan menteri yang mewakili Presiden. Lalu, tingkat II dalam rapat paripurna DPR RI, " ujar politisi PDI-Perjuangan itu dalam rapat yang digelar secara fisik dan virtual tersebut.

Legislator dapil Kalimantan Barat I ini menjelaskan, pembicaraan tingkat I akan dilakukan dalam rapat kerja, rapat panitia kerja, rapat tim perumus atau tim kecil dan atau rapat tim sinkronisasi. Rapat kerja, sambung Lasarus, sebagaimana dimaksud dalam pasal 151 huruf a Peraturan Tata Tertib DPR RI membahas seluruh materi RUU tentang perubahan atas UU Nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan.

“Hal ini sesuai dengan DIM yang dipimpin oleh Pimpinan Komisi V DPR RI dengan Menteri yang mewakili Presiden dengan ketentuan. Pemerintah secara resmi telah menyampaikan DIM RUU tentang perubahan atas UU Nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan sehingga raker untuk pembahasan DIM sudah dapat dilaksanakan esok hari Selasa (25/5//2021), ” pungkas Lasarus.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mewakili Presiden Joko Widodo membacakan pandangan Presiden atas RUU Perubahan Atas UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. "Selanjutnya, rencana perubahan undang-undang tersebut akan dibicarakan dan dibahas guna memperoleh persetujuan bersama dan pada akhirnya nanti dapat disahkan menjadi undang-undang, " respon Basuki.

Basuki menjelaskan dari sisi substansi, revisi UU Jalan ini mengatur penyelenggaraan jalan di Indonesia secara komprehensif yang meliputi pengawasan atas sistem, fungsi dan wewenang penyelenggaraan jaringan jalan. Secara keseluruhan, pemerintah dapat memahami semangat cita-cita dan komitmen DPR RI dalam penyelenggaraan jalan, sebagaimana tertuang dalam rencana UU tentang Perubahan Atas UU Nomor 38 Tahun 2004, " tutup Basuki. (pun/sf)

DPR RI KOMISI V LASARUS
Update

Update

Previous Article

Komisi I Tetapkan 5 Dewas RRI Periode 2021-2026

Next Article

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian:...

Related Posts

Peringkat

Profle

Ibnu S. Mattangaran

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Mar 28, 2021

Iswan Dukomalamo

Iswan Dukomalamo

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Dec 11, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Jan 16, 2022

Udin Komarudin

Udin Komarudin

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Jul 9, 2020

Profle

Ibnu S. Mattangaran

Raker bersama Menkes, Hasnah Syam Soroti Rendahnya Capaian Imunisasi Dasar Lengkap
Peresmian Jembatan Gantung Penghubung Dua Desa  Oleh Anggota DPR-RI Novita Wijayanti
Novita Wijayanti Anggota DPR RI Tinjau Pembangunan Embung di Desa Sumingkir, Cilacap
Jumat Berbagi, NasDem Luwu Utara Sasar Rumah Korban Kebakaran dan Warga Kurang Mampu

Follow Us

Recommended Posts

Raker bersama Menkes, Hasnah Syam Soroti Rendahnya Capaian Imunisasi Dasar Lengkap
Tony Rosyid: Manuver Cawapres Tak Kalah Gesit dengan Capres
Laksanakan LKAD, PAN Mesuji Siap dan Optimistis Sambut Pemilu 2024
Tony Rosyid: Prabowo Gagal Nyapres, Gerindra Nyungsep
Jumat Berbagi, NasDem Luwu Utara Sasar Rumah Korban Kebakaran dan Warga Kurang Mampu