Kunjungi Diskominfo, Komisi D DPRD Batang Bahas Upaya Penanganan Covid-19

indonesiasatu, 13 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BATANG -  Pandemi Covid-19 memang sudah menjadi bencana global, korban meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona dari wuhan Cina semakin bertambah.

Oleh karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mempunyai peran tugas yakni melaksanakan upaya pencegahan di daerah secara menyuluruh dan berkoordinasi antar instasi.

Demikian kata Kepala Diskominfo Batang Jamal Abdul Naser, saat menerima kunjungan kerja dari Komisi D DPRD Batang di Ruang Command Center Kabupaten Batang, Rabu (13/5/2020).

Selain berkoordinasi antar instasi, Diskominfo Batang melakukan pembuatan video edukasi, berita, konten info grafis, publikasi informasi melalui baliho, LPPL Abirawa, videotron, siaran mobil keliling, antisipasi hoax kegiatan seputar Covid-19.

Jamal menambahkan, semenjak adanya perubahan tugas pokok dan fungsi di Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) yang semula hanya membawahi dua seksi, kini menjadi tiga seksi.

Yaitu Seksi Kehumasan dan Kemitraan Komunitas, Seksi Pengelolaan Opini dan Layanan Hubungan Media serta Pelayanan Informasi Publik.

“Tak luput juga di Bidang Penyelenggaraan SPBE dengan Command Center merupakan pusat kendali yang nantinya dapat dipakai sebagai salah satu fasilitas pelayanan publik untuk menerima aduan darurat dari masyarakat yang nantinya melalui nomor call center 112,” jelasnya.

Command Center juga bisa sebagai tempat untuk memantau kondisi kota Kabupaten Batang melalui CCTV yang tervisualisasi lewat visual di layar monitor berukuran besar, sebagai pusat kendali dan dapat dipakai juga untuk penanganan bencana dan pelayanan terpadu yang ada di Kabupaten Batang.

Sementara, Komisi D DPRD Kabupaten Batang Fathurrohman mengatakan, kunjungan bertujuan supaya dapat memantau secara tetap mendapatkan sumber informasi yang terpercaya untuk penanganan Covid-19.

“Allahamdulilah untuk semua OPD yang kami lakukan bimbingan secara tekad dan dengan penanganan ini secara baik, sesuai dengan anggaran yang direfocusing kegiatan di lapangan,” tuturnya.

Ia berharap, semoga ada kerja sama baik antara Pemerintah daerah dengan masyarakat, tentunya Pemerintah daerah dalam hal ini adalah gugus tugas yang melakukan penanganan ini serta masyarakat harus ikut saling membantu.

Artinya tidak semuanya diserahkan pada tenaga kesehatan yang menangani wabah Covid-19.

“Tentu peran serta dari masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat yang ada dilingkungan bisa memberikan informasi yang benar dan juga memberikan tingkat kesadaran kepada seluruh warga untuk sama-sama menangani wabah virus Corona ini,” katanya. (***)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu